Konferensi Internasional Mulawarman International Conference on Economic and Business (MICEB) 2017

IMG_20171018_083212

Seperti sudah penulis sampaikan pada postingan sebelumnya, bahwa sebagai bagian dari lingkungan akademis yang penulis jalani maka mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah haruslah menjadi suatu “kebiasaan”. Alhamdulillah, kesempatan itu datang kembali. Penulis kembali dapat mengikuti suatu ajang konferensi internasional bertajuk Mulawarman International Conference on Economic and Business (MICEB) 2017. Bertempat di Hotel Novotel Balikpapan, penulis mengikuti konferensi selama 2 (dua) hari yakni pada tanggal 18-19 Oktober 2017.

Membawakan judul “Exploring The Role of Islamic Work Ethics for Organizations in Indonesia”, penulis menyampaikan beberapa pandangan, antara lain:

  1. Manajemen sebagai ilmu digunakan dalam operasional organisasi, terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia. Melalui manajemen, tujuan organisasi direncanakan, terorganisir, digerakkan dan dikendalikan sehingga hasilnya diharapkan dapat memenuhi harapan. Dalam praktiknya, manusia sebagai subjek sekaligus objek sumber daya manusia ternyata melakukan banyak perilaku negatif yang mempengaruhi pekerjaan. Etika merupakan hal yang penting dalam masyarakat termasuk untuk organisasi karena mengandung nilai-nilai yang akan mendorong seseorang untuk bekerja secara optimal dan selalu disertai dengan payung hati nurani.
  2. Etika Kerja Islam adalah jawaban yang bisa digunakan untuk membimbing perilaku positif pekerja terutama bagi organisasi di Indonesia yang mayoritas pekerjanya adalah Muslim. Selanjutnya, kerangka konseptual yang diajukan dalam penelitian ini diharapkan bisa men
    jadi rujukan masa depan bagi para ilmuwan dalam penelitian yang berkaitan dengan etika kerja dan hubungannya dengan bidang sumber daya manusia lainnya.

IMG-20171019-WA0010

Tinggalkan komentar